3 Hal Yang Bikin Profesi Content Creator Tiktok Makin Digemari

3 Hal Yang Bikin Profesi Content Creator Tiktok Makin Digemari

Kalo kalian bertanya sama anak-anak gen Z jaman sekarang apa cita-cita mereka, kebanyakan pasti bakal ngejawab pengen jadi Content Creator Tiktok dibanding pilot, dokter, ataupun astronot. Bahkan, tak sedikit memilih menjadi kreator di Tiktok daripada harus sekolah lagi sekalipun diberi beasiswa dari pemerintah menurut beberapa remaja asal Citayam, Bojong Gede, dan Depok yang sering ngumpul di Sudirman.

Nah, buat Treaders yang juga tergiur menjadi Content Creator Tiktok karena kemudahannya menghasilkan duit, sebenarnya ada 3 hal utama yang harus kalian perhatikan diantara lain:

  • Content Creator bukan ‘cuma’ bikin konten

Ini jadi isu paling krusial karena masih banyak persepsi orang Indonesia yang berpikiran “ah, Content Creator mah bikin konten doang terus dapet duit banyak”. Para kreator juga harus mikirin riset konten, riset Target Audience, mikirin ide konten, materi konten, produksi konten, ngedit konten, sampe promosi konten. Karena balik lagi, konten yang dihasilkan harus orisinil dan bukan jiplakan konten lain.

Memahami Target Audience juga penting agar konten-konten yang di-publish relate dengan permasalahan dan keresahan sehari-hari. Oleh karena itu, sangat penting riset behaviour secara mendalam. Belum lagi kreator harus mencari cara untuk meningkatkan kualitas kontennya ketika minat publik sudah mulai menurun.

  • Pendidikan jadi kunci jenjang karir Content Creator

Pada akhirnya, pendidikan tetap menjadi hal yang penting apapun profesi yang kita ambil. Menjadi kreator juga harus memahami penulisan script, mengedit audio dan video, teknik pemasaran, dan juga manajemen social media. Tidak harus mendalaminya, setidaknya kalian memahami skill-skill tersebut 50% ke atas.

Jadi intinya, untuk bisa bertahan di industri kreatif, kalian perlu mengembangkan kemampuan dan mempunyai pendidikan yang mumpuni agar bisa menciptakan konten yang berkualitas dan jangka panjang.

  • Pelajari Tiktok dan segala yang ada didalamnya

Fitur dalam Tiktok sendiri sudah menawarkan beberapa benefit yang membantu para Content Creator pemula. Sering-sering melihat tren dan tap in tren yang sedang happening di Tiktok bisa jadi salah satu kunci agar konten kamu viral. Rentang waktu tren sangat beragam dan cepat, bisa cuma berlangsung selama 3 hari atau 1 minggu. 

Selain itu, Content Creator juga harus paham jam fyp Tiktok. Jam-jam saat makan siang atau sore menjelang pulang kerja merupakan waktu yang sangat optimal apabila ingin post konten. Bisa kalian search juga di internet untuk informasi jam-jam lebih lengkapnya.

Pelajari Tiktok Ads juga menjadi faktor yang sangat penting bagi para Content Creator. Ada banyak macam iklan di Tiktok yang bisa kalian manfaatkan mulai dari In-Feed Video, Brand Takeover, Hashtag Challenge, Branded Augmented Reality (AR), dan TopView Ads. Jadi jangan dikira gak butuh belajar banyak ya kalo jadi Content Creator. Banyak praktek dan belajar dari pengalaman juga jadi salah satu kunci keberhasilan menjadi kreator.

So, berikut 3 hal yang harus kalian perhatikan sebelum mempertimbangkan memilih profesi menjadi Content Creator ya. Satu hal lagi, menjadi Content Creator gak harus bekerja sendiri. Ada Creative dan Digital Agency yang siap membantu kebutuhan kalian mulai dari maintenance konten, mencari KOL untuk diajak berkolaborasi, sampai meningkatkan performa iklan dari konten yang dijalankan.

Nah, kalo di Adtree sendiri, kami bisa meng-cover semua kerjaan tersebut, jadi jangan lupa untuk menghubungi kita kapanpun kalian butuh bantuan yess!

Eksplor artikel seru lainnya yuk

article link
5 Inpirasi Konten Instagram Menarik Tanpa Perlu Banyak Mikir

5 Inpirasi Konten Instagram Menarik Tanpa Perlu Banyak Mikir

October 21, 2022

article link
5 Cara Meningkatkan Engagement Instagram Kaya Influencer

5 Cara Meningkatkan Engagement Instagram Kaya Influencer

October 01, 2022