5 Cara Meningkatkan Engagement Instagram Kaya Influencer

5 Cara Meningkatkan Engagement Instagram Kaya Influencer

Sebagai pengguna aktif Instagram sehari-hari, kalian pasti udah familiar banget kan sama yang namanya engagement. Buat yang belum tahu, singkatnya engagement itu adalah parameter untuk mengetahui serta mengukur seberapa besar pengguna Instagram melihat dan bereaksi dengan konten yang dipost.

Penghitungan untuk engagement disebut Engagement Rate dalam satuan persen. Makin besar angkanya berarti kontennya bisa dibilang engage dengan Audience. Jadi untuk postingan Instagram yang punya jumlah likes, jumlah comment, shares, views, saved, dan repost yang cukup banyak bisa dipastikan kalo konten itu engagement rate nya besar.

Nah, terus gimana sih cara meningkatkan engagement Instagram yang efektif? Bagi seorang Influencer yang kerjaannya sehari-hari memperhatikan traffic Instagram, meningkatkan engagement rate bukan menjadi hal yang sulit dilakukan. Namun, buat orang awam apalagi yang kontennya tidak ada niche audience akan terasa sulit meningkatkan engagement pada kontennya.

So Treaders, jangan kebanyakan bingungnya karena sekarang mimin mau berbagi 5 cara untuk meningkatkan engagement Instagram, yang ampuh ala seorang Influencer seperti berikut:

  • Buat konten yang relate dengan Target Audience

Ternyata sebelum membuat konten, harus benar-benar dipikirkan ide-idenya terlebih dahulu. Konten yang dibuat gak cuma sekedar jiplak konten lain, tetapi juga harus fresh, keep up with trend, dan juga relate dengan keresahan Audience sehari-hari. Makanya perlu memahami dengan baik siapa Target Audience kita, apa yang mereka suka dan tidak suka, serta behaviour mereka sehari-hari dalam screening konten. Bila perlu, lakukan riset agar mempunyai data-data valid sebagai pendukung.

  • Gunakan Hashtag dan Location Tag

Sering dianggap prioritas yang ke sekian, padahal konten Instagram yang kalian post bisa meningkatkan engagement hanya dengan memainkan hashtag dan location tag loh. Hashtag berbicara bagaimana suatu konten dapat ditemukan dengan mudah sesuai dengan pencarian Audience, sementara Location tag menyasar pada Audience yang berada di tempat-tempat tertentu. Hashtag tidak perlu banyak, yang penting tahu apa yang biasa relate dengan Audience kalian. Misalkan kita posting konten tentang makanan, maka hashtag yang bisa dipakai seperti #cooking #food #cuisine #hungry dan lain sebagainya. Tidak perlu menambahkan hashtag seperti #automotive #gadget ataupun #music

  • Konsisten ngepost konten

Audience diibaratkan dikasih makan terus sama konten-konten kita yang menarik. Kalo 1 hari kita gak kasih makan atau perhatian, ya lama-lama Audience nya akan beralih ke tempat lain. Nah, cara lain meningkatkan engagement Instagram adalah kalian harus konsisten setiap ngepost konten. Kalian bisa pilih mau post di jam berapa saja asalkan tetap rutin ngepost setiap hari.

  • Post konten di jam yang pas

Setelah menetapkan jadwal rutin ngepost, kalian bisa cari di internet jam berapa saja yang efektif untuk ngepost konten biar engagement Instagram nya naik. Dari beberapa sumber yang ditemukan, waktu paling efektif (prime time) ngepost Instagram ada di hari Rabu jam 11 siang, ataupun Jumat jam 10 pagi. Selain dari internet, kalian bisa cek di insight akun Instagram kalian sendiri. Dari situ kalian bisa melihat persentase followers kalian serta di hari dan jam berapa saja followers kalian aktif.

  • Manfaatkan penggunaan Carousel, Story, Reels

Instagram sendiri menawarkan banyak fitur untuk meningkatkan engagemnt dari konten yang dipost. Selain feeds, usahakan perbanyak posting video, carousel, story, dan reels. Gambar dengan audio dan visual lebih mudah dicerna untuk konten-konten yang berisikan informasi, sementara untuk menampilkan varian produk yang dijual akan lebih efektif menggunakan carousel. Pahami juga Story di Instagram, ada banyak fitur seperti Polling, Ask Question, Multiple Choices, Add Yours, GIF, dan IG Music untuk memancing interaksi dari Audience ataupun membuat konten jadi tambah menarik. Pada dasarnya, Story juga bisa digunakan seperti thread Twitter.

Terakhir, ada yang namanya Reels. Reels durasinya bisa lebih panjang dari Story tetapi bisa lebih singkat juga dari video post. Gunakan Reels untuk membuat video-video transisi dengan musik yang catchy.

Selain dari 5 cara di atas, cara meningkatkan engagement konten Instagram bisa juga dengan berkolaborasi dengan Influencer yang memang sudah terkenal di Instagram. Nah, di Adtree Digital, kami menyediakan jasa Influencer Marketing jika konten kalian ingin dikolaborasikan dengan Influencer pilihan, serta Social Media Maintenance untuk meningkatkan engagement konten kalian dengan organik. Feel free to contact us, yes!

Eksplor artikel seru lainnya yuk

article link
Tips & Trick Agar Tiktok Ramai Viewers

Tips & Trick Agar Tiktok Ramai Viewers

May 16, 2023

article link
Basic Digital Marketing Bagi Pemula

Basic Digital Marketing Bagi Pemula

May 16, 2023

article link
Influencer Marketing Trends for 2023

Influencer Marketing Trends for 2023

March 28, 2023

article link
Gaya Pakaian Nyentrik Ala Anak Ahensi

Gaya Pakaian Nyentrik Ala Anak Ahensi

February 23, 2023